RSS

Kamis, 01 April 2010

Keaneka Ragaman Fauna

Keanekaragaman Fauna

Secara Umum, baik di Jawa Barat maupun di dunia, dunia fauna dapat dikelompokan menjadi kelompok-kelompok sebagai berikut :
Kelompok Serangga

Kelompok ini memiliki berbagai macam manfaat. Salah satu perannya yang sangat penting adalah proses penyerbukan yang dilakukan oleh kupu-kupu. Namun saat ini keberagamannya sudah sangat berkurang, dikarenakan berkurangnya habitat dan eksploitasi oleh manusia.
Kelompok Pisces
Ikan - ikan yang dijumpai di tiga daerah aliran sungai citarum dan tiga waduk besar di wilayah Jawa Barat yaitu : Jatiluhur, Carita, dan Saguling dijumpai jenis-jenis ikan sebagai berikut : Ikan yang menjadi ciri khas Sungai Citarum : tagih/baung, hampal, keting, dan udang batu Ikan khas Sungai Citarum yang tidak ditemukan lagi setelah pembangunan waduk : tawes, lelawak, sengal, arengan, walangi Ikan yang masih bisa ditemukan di Sungai dan Waduk : deleg, sidat/moa, betok, pepetek, kebo gerang, julung-julung, keting, beureum panon, beunter, sepat, paray, betutu/bodo, jeler, oleng, gabus, belut Ikan budidaya yang diintroduksi ke perairan waduk : patin, ikan mas, nila, gurame Ikan hias yang diintroduksi ke perairan waduk : arwana, golsom, oskar Ikan yang secara tradisi dikonsumsi oleh masyarakat sekitar : tagih/baung Ikan atau udang yang dijumpai dalam periode tertentu : Udang batu.
Kelompok Ampibi atau Reptil
Kelompok ini semakin hari semakin langka, hal ini disebabkan habitat yang tersedia semakin berkurang dan belum satupun dari jenis kelompok ini yang dibudidayakan. Beberapa jenis Ampibi dan Reptil yang masih bisa dijumpai adalah : biawak (Tasikmalaya) dan Kura-Kura (Bogor)
Kelompok Aves
Kelangkaan jenis burung lebih dikarekanakan nilai ekonomis burung yang sangat tinggi sebagai hewan peliharaan. Di danau-danau kecil di Sentul (Bogor) beberapa jenis burung air masih bisa dijumpai, seperti : belekok, bangau, dan raja udang.
Kelompok Mamalia
Kelangkaan jenis mamalia disebabkan dua hal, aktivis perburuan, dan habitatnya terganggu. Banten di Hutan Sancang (Garut) dan Pangandaran sudah semakin berkurang. Rusa ditangkarkan di Ranca Upas.

Tidak ada komentar: